Cara Membuat Timer CountdownHitung Mundur

Cara Membuat Timer Countdown/Hitung Mundur

Kali ini kita akan membahas tentang cara membuat timer countdown/hitung mundur. countdown hampir setiap hari kita jumpai, misalnya diĀ  lampu-lampu merah, di televisi, dll.

Gunanya adalah untuk menghitung mundur waktu guna menyambut sesuatu, misalnya saja event atau acara tertentu.

Namun yang akan kita bahas adalah cara membuat penghitung waktu mundur untuk di blog atau website. Apa gunanya widget ini di blog kita?

Cara membuat timer countdown/hitung mundur akan membantu kita untuk lebih mudah membuat widget penghitung waktu mundur di situs kita.

Manfaat dari timer countdown ini adalah untuk mempercantik situs kita. Selain itu juga dapat digunakan sebagai pengingat bagi pengunjung.

Misalnya saja kita ingin mengingatkan mengenai jadwal pertandingan sepak bola di situs kita, kita dapat memasang widget ini untuk mengingatkan pengunjung bahwa jadwal pertandingannya kurang 2 jam lagi, dan sebagainya.

Selain itu widget ini juga akan membuat tampilan di halaman situs kita tidak begitu monoton dan lebih variatif.

Cara Membuat Timer Countdown/Hitung Mundur

Berikut ini adalah cara membuat nya, silahkan disimak:

  1. Bukalah situs Create Countdown Timer.
  2. Pada bagian sebelah kiri kita akan menemukan beberapa kolom informasi yang harus kita isi.
  3. Jika semua kolom sudah diisi dengan lengkap, maka langkah selanjutnya adalah memilih apakah countdown tersebut akan disimpan di situs kita atau di situs tempat kita membuatnya.
  4. Apabila kita ingin menambahkannya di situs kita, maka silahkan pilih Add To Your Website, kemudian salin script yang ada di edit Html/Javascript.
  5. Jika kita tidak punya akun blog atau website, kita dapat menampilkan dan menyimpan timer countdown di situs tempat kita membuat timer countdown tersebut.

Pada cara membuat hitung mundur di atas kita menemukan adanya menu kolom yang harus diisi. Beberapa kolom yang harus kita isi antara lain:

  • Event name : merupakan event atau acara yang akan kita jadikan pengingat.
  • Selanjutnya Event Date : merupakan tanggal atau hari di mana event tersebut akan terlaksana.
  • Event time : menunjukkan pada jam berapa event alan terlaksana.
  • Timezone : ini adalah zona waktu yang kita gunakan. Wajib bagi kita untuk mengisinya dengan benar agar waktunya tepat dan tidak meleset.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *