Istilah Bisnis Online - Berikut Pengertian Dan Cara Menjalankanya

Istilah Bisnis Online – Berikut Pengertian Dan Cara Menjalankanya

Seiring perkembangan zaman dan teknologi, bisnis juga mengalami perubahan yang cukup banyak mempengaruhi pola prilaku produsen dan konsumen.

Tak terelakan lagi, bisnis online atau bisa juga dikatakan online shop semakin menjamur dan menjadi pilihan konsumen. Mudah dan ringkas menjadi alasan utama mengapa bisnis online begitu diminati.

Bisnis adalah suatu aktivitas yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang untuk mendapatkan keuntungan dengan cara memproduksi produk atau jasa yang ditawarkan ke konsumen.

Baca Juga : Yang Dimaksud Dengan Properti

Sedangkan Online nbisa diartikan sebagai kegiatan yang terhubung dengan jaringan internet. Jadi, Bisnis Online bisa diartikan sebagai sebuah aktivitas bisnis baik peroduk atau jasa yang semua atau sebagian kegiatan jual belinya dilakukan melalui media internet.

Pada Bisnis Online, proses negosiasi hingga kegiatan transaksi antara penjual dan pembeli tidak lagi melalui tatap muka langsung.

Banyak media yang bisa digunakan untuk menjalankan Bisnis Online. Ada website, toko online atau marketplace, blog, hingga yang kini populer bagi semua kalangan adalah melalui media sosial seperti Instagram dan facebook.

Tak sulit untuk menjalankan bisnis online, karena itulah banyak yang melakukannya. Kita hanya perlu gadget yang mendukung seperti Handphone, serta jaringan internet. Selanjutnya perlu pemahaman teknologi agar bisnis bisa berjalan baik dan lancar. Mempelajari teknologi tentu bukan hal sulit, kalian bisa belajar otodidak atau bertanya kepada teman.

Pilih media yang hendak digunakan, apakah website, toko online, blog, atau media sosial. Banyak juga penjual yang menggunakan semua platform tersebut agar lebih luas menjangkau konsumen.

Hal lain yang perlu diperhatikan bagi para penjual di bisnis online adalah harus menjadi kredibilitas dan kepercayaan konsumen. Bersikap ramah dan jujur kepada konsumen akan sangat berpengaruh dengan pengembangan bisnis yang dijalankan.

Istilah Bisnis Online

Jangan lupakan pula kualitas produk dan ketepatan waktu pengiriman. Terakhir, terus update produk atau postingan agar konsumen yakin bahwa toko online kalian aktif.

Menawarkan produk melalui media online tentu memiliki keuntungannya sendiri bagi seller/penjual produk, diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Hemat Biaya

Hal ini karena seller tak perlu sewa toko atau bahkan tak perlu karyawan

  1. Fleksibel

Artinya seller bisa menjual banyak jenis barang. Seller juga bisa bertindak sebagai pembuat/produsen ataupun hanya menjualkan kembali alias reseller

  1. Bisa Dijalankan Kapan dan Di Mana Saja

Karena ketika menjual melalui media online, maka sudah tidak ada lagi batasan waktu dan tempat. Seller dan costumer bisa berkomunikasi kapan saja dan di mana saja

  1. Ringkas dan Praktis

Hal ini karena semua orang bisa menjalankannya (selagi memiliki akses internet) termasuk bagi ibu rumah tangga. Dengan kata lain, semua orang dari semua kalangan bisa menjadi pengusaha.

Namun demikian, menjajakan produk melalui bisnis online juga memiliki resiko, yang utamanya adalah modus penipuan. Karena tidak bertatap muka langsung dengan costumer, maka peluang terjadinya penipuan lebih besar, seperti kasus order atau transfer fiktif.

Selain itu, komplain dari costumer juga sering terjadi lantaran costumer merasa produknya tidak sesuai yang mereka harapkan. Karenanya bagi seller di bisnis online, perlu keterampilan khusus dan ketelitian ekstra untuk menghindari resiko-resiko yang bisa saja terjadi.

Sebenarnya, bisnis online bukan hanya sebatas toko online atau menjual barang/jasa sendiri. Berikut dua jenis bisnis online yang paling populer saat ini.

  1. Conten Publisher, yaitu memberi konten dalam website atau blog yang bermanfaat bagi pengguna internet. Pendapatan bisnis content publisher ini adalah dari iklan dan komisi google adsense.
  2. Affiliate Marketing, yaitu bisnis pemasaran berbasis kinerja. Seorang marketer berperan untuk mempertemukan calon pembeli dengan penyedia barang yang akan di beli. Peran seorang affiliate Marketer adalah mengarahkan calon pembeli untuk ke website penyedia produk melalui link khusus. Apabila terjadi transaksi melalui link tersebut, maka disanalah affiliate marketer mendapat komisi.

Baca Juga : Inspirasi Bisnis Rumahan dari RA Kartini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *